FTK – ITS Menyemarakkan Pameran Iptek Industri Bahari 2008

Surabaya, Himatekla– Pameran Iptek Industri Bahari 2008 yang di adakan di ruang Convention Tunjungan Plasa 3 lantai 6 berjalan dengan semarak. Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Fredy Numberi berlangsung pada tanggal 5 – 8 Juni 2008 lalu. Kegiatan ini diikuti sejumlah peserta dari seluruh Indonesia yang menampilkan segala macam hasil produksi alam laut maupun teknologi Kelautan. FTK – ITS turut serta dalam pameran bahari tersebut. Keikut sertaan FTK – ITS, selain dalam rangka unjuk gigi dalam menampilkan teknologi kelautan juga sekaligus dalam mempromosikan FTK- ITS kepada Masyarakat Indonesia sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi dengan Disiplin ilmu bidang Teknolgi Kelautan di Indonesia.

Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang terdiri dari tiga jurusan yaitu Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, dan Teknik Kelautan unjuk gigi dalam pameran industri bahari dengan menampilkan inovasi-inovasi Teknologi Kelautan yang dihasilkan oleh Mahasiswa maupun Dosen FTK sendiri. Antara lain, produk desain Kapal hasil kerja sama dengan Nasdec, Adji Propeler yang terkenal sebagai propeler bersirip, Desain dengan model Jacket, Rumah laut energi sebagai pemanfaatan gelombang, arus, dan angin sebagai penghasil energi, Windcure Energy, Terumbu karang buatan, dan beberapa inovasi lainnya.

Stand FTK – ITS yang terletak sangat strategis tak jauh dari pintu masuk maupun keluar, menjadikan stand FTK sangat ramai oleh pengunjung. Beberapa pengunjung banyak yang tertarik dengan inovasi-inovasi karya FTK sendiri. Dalam pameran tersebut, Fakultas Teknologi Kelautan juga memberikan brosur cuma-Cuma tentang profil tiap jurusan di FTK, dan laboratorium yang menunjang pendidikan di FTK tersebut. Dan tentunya, untuk yang berhubungan dengan pendidikan, rata-rata brosur banyak diambil oleh mereka para orang tua yang memiliki anak ataupun kerabat yang nantinya akan melanjutkan pendidikan tinggi. Pengunjunng pun tidak hanya dari tamu tapi juga sesama peserta. Pengunjung antara lain dari Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Departemen Kelautan dan Perikanan, PT Miniaturindo, Pemprov Sulawesi Selatan, Pemkab Maluku Tengah, Pemprov Papua (Kabupaten Asmat), dan lain-lain. Peserta pun banyak bertanya-tanya tentang beberapa produk-produk inovasi tersebut.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini tentu membutuhkan para penjaga stand. Para penjaga stand FTK sendiri dibagi pada setiap jurusan. Teknik Perkapalan mendapat tugas pada hari pertama, lalu Teknik Kelautan pada hari kedua, Teknik Sistem Perkapalan pada hari ketiga, dan hari keempatnya oleh teman-teman dari Maritime Chalenge.

Kegiatan yang menjadikan suasana di ruang convention TP 3 Lt. 6 seperti miniatur Indonesia dalam skala ruang yang lebih kecil. Lintas etnis, budaya, dan bahasa menjadikan silaturahim yang indah antar peserta dan tamu. Begitu indah Indonesia terasa dalam Pameran Bahari ini, bahwa begitu kayanya kita, tidak hanya pada alam, tapi juga pada budaya yang sangat beragam dengan keindahan ciri khas masing-masing. Sangat tidak tepatlah jika kita mengatakan tidak bangga dengan Indonesia. Perspektif yang hampir terlupakan bahwa begitu pluralitasnya kita. Bahwa inilah kekayaan kita, anugerah yang sangat patut kita syukuri dari Tuhan Yang Maha Esa. Maka terdapat keuntungan yang mungkin tidak terpikirkan bahwa selain untuk membangun industri bahari nasional melalui pameran ini, rasa bangga dan negarawan kita mulai terpupuk kembali. VIVAT!

Departemen Hubungan Masyarakat
Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan, FTK – ITS
Surabaya

Image Hosted by Upload to World - Free Upload

Image Hosted by Upload to World - Free Upload

Image Hosted by Upload to World - Free Upload

Image Hosted by Upload to World - Free Upload

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s