Hal yang harus dikembangkan setelah lulus

Teman-teman beberapa saat lagi akan diadakan pelepasan wisudawan yang ke-100..Dan berikut ini adalah tips-tips atau hal-hal yang perlu kita kembangkan setelah lulus nanti guna menjembatani arah kita menuju pulau cita-cita kita masing-masing..

“Lulus kuliah adalah momen yang sangat menyenangkan bagi setiap mahasiswa. Dan saatnya berubah karena akan memasuki dunia kerja. Selamat datang di dunia kerja. Welcome to the real world!”

1.PERCAYA DIRI

Perubahan harus dimulai dari mana dulu nih? Perubahan harus dimulai dari kepercayaan diri sendiri. Kalau kita tidak memiliki rasa percaya diri untuk melamar pekerjaan, jangan harap kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan. Misalnya saja, kita ingin melamar pekerjaan di perusahaan A, tapi begitu tahu yang melamar ada 400 ribuan orang, akhirnya jiper duluan dan memilih tidak jadi melamar. Makanya, kita bangun kepercayaan diri (Pede) dulu setelah lulus kuliah. Mari kita bangun rasa percaya dri setelah lulus.

2.bermotivasi tinggi

Harus punya motivasi mengapa kita harus bekerja. Misalnya ingin cari uang sendiri, membahagiakan orang tua, aktualisasi diri, ingin mengamalkan ilmu, ingin mandiri secara finansial, dan sebagainya. Yang jelas, motivasi ini bisa membangkitkan rasa percaya diri kita untuk bekerja.

3.BERGAUL DENGAN ORANG-ORANG OPTIMIS

Selalu bergaul dengan orang-orang yang optimis. Berada di tengah lingkungan orang yang optimis, akan membuat kita ikut-ikutan jadi optimis. Sebaliknya, jika kita berada di lingkungan orang-orang yang pesimis bisa membuat kita ikut-ikutan menjadi pesimis.

4.Fokus

Fokus mencari pekerjaan dulu. Jangan sampai pikiran kita menjadi terbelah karena punya keinginan lain untuk melanjutkan S2. Maka dari itu, sejak awal kita harus tetapkan dulu selesai lulus, ingin kerja dulu atau mau langsung melanjutkan S2. Jika memang ingin mencari pekerjaan dulu, fokuskan untuk cari kerja. Sebaliknya, jika ingin fokus meneruskan S2, fokuskan mencari perguruan tinggi yang bagus untuk program S2.

5.BERANI AMBIL RESIKO
Mumpung masih muda, kita harus berani mengambil resiko karena dengan demikian kita sudah melatih rasa percaya diri kita plus berani maju di depan. Misalnya saja, ketika diterima kerja kita ditempatkan di daerah yang jauh dari ortu. Nah, putuskan untuk ambil resiko ini. Atau jika masih ragu juga, coba pakai insting.
6.BERPIKIR REALISTIS
Tidak usah terlalu muluk-muluk langsung bisa jadi manajer setelah lulus kuliah. Percaya diri boleh namun tetap realistis. Lihat dulu kemampuan kita bagaimana dan pekerjaan apa yang nantinya akan kita dapatkan harus bisa dibayangkan secara realistis.

Iklan

One thought on “Hal yang harus dikembangkan setelah lulus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s