Grand Opening Social Development

 “Mahasiswa itu nantinya kembali ke masyarakat.” Berikut ini adalah kutipan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan Sosial Development. Pada tanggal 2-3 Maret 2012 merupakan grand opening kegiatan sosdev di desa binaan kalisari RT 03 RW 05, mulyosari Surabaya. Di desa binaan inilah mahasiswa Jurusan Teknik Kelautan dibawah departemen sosial masyarakat menunjukkan bentuk pengabdian kepada Masyarakat kususnya masyarakat pesisir.(sabtu,3/3)

Desa Kalisari, Biru kuning – “Social development disini adalah kita memliki desa binaan yaitu di desa kalisari RT 03 RW 05 mulyosari sukolilo surabaya. Disini kita sebagai mahasiswa itu antinya pasti kembali lagi ke masyarakat, karena percuam saja kita jadi mahsiswa tapi kalau gak ada peran untuk lingkungan sekitarnya.”, Penjelasan singkat dari ketua pelaksana kegiatan social developmet (sosdev) Yogi Prestiwanto.

Kepengurusan HIMATEKLA 11-12 ini adalah awal dalam membangun desa binaan. Rencananya proker ini akan berkelanjutan hingga 5 tahun kedepan.

Pada tahun pertama ini akan terfokus pada sektor pendidikan yaitu adanya sekolah rakyat dan adanya gerakan 1000 buku dengan dibuatkannya pustaka mini di mushola desa tersebut.

Pada tahun kedua rencanaya akan menyentuh sektor lingkungan dan kesehatan, pada tahun ketiga akan menyentuh pada sektor ekonomi, apabila sudah mantap maka akan dilanjut ditahun ke empat pada sektor teknologi, dan tahun ke lima pengembangan kedepannya untuk desa tersebut.

Pada acara pembukaan kegiatan sodev tersebut diawali dengan adanya kerjabakti di hari jumat 2 Maret 2012 dan pada hari Sabtu, 3 Maret 2012 dilanjutkan dengan acara open talk dengan warga desa kalisari dengan mahasiswa teknik kelautan yang didampingi oleh Kajur kita Bapak Suntoyo.

Menurut bapak Imron selaku ketu RW 05, Bapak imron cukup senang dan bangga akan adanya kegiatan tersebut, karena kita sebagai mahasiswa bisa berbagi ilmu kita kepada masayarakat sekitar. “Jangan pernah bosan untuk memberi ilmu di desa ini.”, Ujar beliau saat memberikan sambutan. Harapan Bapak Imron yang mewakili semua warga adalah nantinya ada pelatihan untuk menambah keterampilan untuk warga sekitar.

“Sebenarnya kami mengalami masalah dalam penanganan pengeringan ikan, kalau bisa teman-teman mahasiswa bisa membantu kami dalam aplikasi teknologi untuk pengeringan ikan.”, Usul dari koordinator nelayan di desa Kalisari.

Apabila dari ibu-ibu sekitar mereka menyarankan agar jadwal sekolah rakyat lebih dipadatkan lagi. Menurut meraka SR (Sekolah Rakyat) diadakan 1 bulan 2 kali itu sangatlah kurang. “Kalau perlu setiaphari mas biar anak-anak itu tidak main sehabis salat isya di mushola.”, Ujar salah satu orang ibu.

Dari adik-adik yang mengikuti sekolah rakyat pun berharap kakak-kakak yang mengajar bisa datang setiap hari dan membawa crayon atau pensil warna. “Ayo mbak mas, besok kalau kesini lagi bawa pensil warna sama kertas lipat. Kita jangan belajar pelajaran terus ya.”, Ujar Anik dan Mayang dengan polosnya.

“Harapan kedepan untuk desa binaan ini adalah adanya keselarasan dari warga desa kalisari dengan mahasiswa teknik kelautan. Mahasiswa disini merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah, jadi disnilah kita terjun langsung dilingkungan masyarakat.”, Ujar Yogi Prestiwanto Teknik Kelautan 2010 selaku ketua pelaksana kegiatan sosdev.

“Apabila Mahasiswa Teknik Kelautan memiliki ide-ide bagus sebagai masukan untuk kegiatan tersebut bisa langsung menghubungi departemen sosial masyarakat HIMATEKLA.”, Pesan dari ketua pelaksana Sosial Development.

Semoga acara ini bisa berkelanjutan dan dapat mengembangkan desa kalisari hingga benar-benar berkembang. Mahasisa tidak hanya bicara saja mari kita buktikan bahwa kita memiliki aksi yang nyata untuk masyarakat. Perlahan kita bangun Indonesia untuk Indonesia yang lebih bermartabat. (ss/yani)

Iklan

5 thoughts on “Grand Opening Social Development

  1. Reblogged this on wavemaker blog.. and commented:
    Salute deh buat kegiatan yang satu ini. Mahasiswa gak hanya menuntut ilmu, tapi juga mengabdi pada masyarakat, khususnya masyarakat sekitar. Lebih bagus lagi jika sekaligus mengaplikasikan ilmu teknologi yg didapat pada desa binaan ini. Dan jangan lupa, tanamkan pada anak2 generasi penerus kalau negeri kita itu negeri bahari yg kaya akan sumber lautnya 🙂

  2. luar biasa hebat!
    semoga akan terus kontinyu sampai kapanpun meskipun kepengurusan berganti, namun semangat tdk boleh memudar melainkan tumbuh semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s