PERHIMATEKMI

Oktober lalu tepatnya pada 11-13 Oktober 2012, teman-teman HIMATEKLA berangkat ke Jakarta untuk menghadiri MUKERNAS PERHIMATEKMI 2012 yaitu Ibnu Khanifudin, Ken Sukmaning Gayatri Hutomo, dan Achmad Ronie Santoso. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Hubungan Luar (HUBLU) HIMATEKLA FTK-ITS, yaitu ikut serta dalam forum eksternal kampus di bidang keprofesian yang bertujuan untuk menjalin hubungan dengan mahasiswa-mahasiswa sebidang profesi yaitu bidang kemaritiman mengingat Jurusan Teknik Kelautan hanya ada 3 di Indonesia, dan sharing ilmu khususnya di bidang kemaritiman.PERHIMATEKMI (Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Maritim se-Indonesia) sendiri merupakan salah satu forum mahasiswa Indonesia di bidang kemaritiman. MUKERNAS PERHIMATEKMI 2012 kali ini di selenggarakan di Jakarta tepatnya dengan rangkaian acara yaitu Seminar Nasional, Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB), dan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS). MUKERNAS tahun ini dihadiri oleh lebih banyak anggota dibanding tahun sebelumnya yaitu teman-teman dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP), Universitas Hassanudin Makasar (UNHAS), Universitas Indonesia Jakarta (UI), dan Universitas Darma Persada Jakarta (UNSADA) sebagai tuan rumah MUKERNAS PERHIMATEKMI 2012. Juga dihadiri calon anggota tetap PERHIMATEKMI yaitu teman-teman dari Universitas Pembangunan Negara Jakarta (UPN), Universitas Hang Tuah Surabaya (UHT), dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Kepengurusan PERHIMATEKMI periode 2012-2013 diketuai oleh Raditya Danu dari Jurusan Teknik Kelautan FTK-ITS, sungguh suatu kebanggaan tersendiri bagi kami dimana pada kepengurusan sebelumnya diketuai oleh Wawan Setyawan yang juga dari Jurusan Teknik Kelautan FTK_ITS.

Seminar Nasional dengan yang dimoderatori oleh Ir. Augustinus Pusaka M.Sc ini, disampaikan 3 materi yaitu:

1. Kebijakan Pemerintah dan Hukum Indonesia Terhadap Transnational Crime Yang Terjadi Di Perairan Indonesia.

Pembicara: Prof. Dr. Hasjim Djalal, MA.

(Mantan Duta Besar RI untuk PBB, Kanada, dan Jerman, Pengamat dan Tokoh Hukum Laut Internasional)

2. Upaya dan Kesiapan Armada Keamanan Laut Indonesia dalam Menghadapi Transnational Crime.

Pembicara: Laksamana Pertama Christina Ratetana

(Dinas Penerangan Angkatan Laut)

3. Tolok Ukur Penilaian Keselamatan dan Keamanan Laut Terhadap Transnational Crime.

Pembicara: Mohammad Danil Arifin, ST, MT.

(Tim Pengaji Kelautan Jurusan Teknik Perkapalan UNSADA)

Dalam Seminar Nasional ini para pembicara juga mengajak para mahasiswa, khususnya anggota PERHIMATEKMI, untuk ikut serta menjaga pertahanan dan keamanan Republik Indonesia dari segi kemaritiman dan aktif dalam mengembangkan teknologi kemaritiman terutama yang akan menunjang pertahanan dan keamanan negara.

Setelah Seminar Nasional berakhir, acara langsung dilanjutkan dengan MUNASLUB untuk pembahasan AD/ART PERHIMATEKMI dan MUKERNAS untuk pembahasan program kerja PERHIMATEKMI kepengurusan 2012-2013. Dalam rangka penguatan internalisasi anggota PERHIMATEKMI, diadakan pula futsal bersama dan jalan-jalan ke Monumen Nasional dan Wisata Kota Tua pada hari Sabtu.

Sungguh pengalaman yang luar biasa dapat berkumpul dan berbagi ilmu dengan mahasiswa-mahasiswa sesama di bidang kemaritiman. Diharapkan silaturahmi dan sharing ilmu tidak berhenti sebatas dalam pertemuan ini, selanjutnya kami para anggota PERHIMATEKMI akan terus bersilaturahmi dan bersama-sama mengembangkan teknologi kemaritiman demi kemajuan maritim Indonesia, kejayaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s