Guest Lecture from Tohoku University

Rabu, 14 November 2012 HIMATEKLA bekerjasama

dengan IO (International Office) ITS telah berhasil menyelenggarakan kuliah tamu yang luar biasa. Kedatangan Prof. Hitoshi Tanaka yang merupakan dosen di Universitas Tohoku Jepang, beserta ass. Prof. Shuichi Kure mengundang antusias Mahasiswa Jurusan Teknik Kelautan bahkan Mahasiswa ITS untuk datang ke Gedung Pascasarjana lantai tiga guna menyaksikan pemaparan kuliah tamu yang disampaikan beliau berdua tersebut.

Kuliah tamu yang dimulai pada pukul 13.00 – 16.00 tersebut bertema  “Impact of the 2011 Great East Japan Earthquake in Coastal and Estuarine Environment”. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Hitoshi yaitu tentang sejarah berdirinya Universitas Tohoku, jurusan – jurusan yang ada di Universitas Tohoku, kemudian menjelaskan materinya tentang gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang pada 11 Maret 2011 lalu. Gempa dengan 8,9 skala richter yang kemudian disusul oleh tsunami tersebut menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah di Jepang.

                Materi kuliah tamu yang kedua juga tak kalah menarik yaitu tentang perubahan iklim yang terjadi akibat gempa dan tsunami yang amat dahsyat itu. Ass. Prof. Suichi Kure juga memaparkan perbedaan iklim antara di Indonesia dengan Jepang.  

“Meskipun listrik sempat padam sejenak, kuliah tamu tetap berjalan lancar. Peserta yang datang juga lumayan banyak, sekitar 200 orang. Harapannya setelah kegiatan ini, kita bisa mencontoh dari budaya Jepang, bahwa orang Jepang sangat menghargai waktu.” papar Ryan Ciputra (Tekla ’11) selaku ketua pelaksana kuliah tamu kali ini.

                Hal yang menarik lagi, pasca pelaksanaan kuliah tamu, yakni tanggal 15 November 2012 beberapa perwakilan Mahasiswa Teknik Kelautan bersama Prof. Hitoshi Tanaka, ass. Prof. Suichi Kure, serta Bapak Suntoyo bersama –sama mengunjungi kali porong untuk mengetahui dan menganalisis keadaan disana saat ini. (yn)

Image

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s