Pengenalan Keorganisasian – Mengenal Lebih Dekat ORMAWA ITS

Apa itu HMJ? Apa itu BEM-F? Apa saja ranah kerja BEM ITS? Bagaimana alur koordinasi antar UKM dalam LMB? Mau berkiprah dimanakah kamu nantinya?
Pelatihan yang dikemas secara santai dan diselenggarakan pada tanggal 13 April 2013 yang lalu ini khusus diperuntukan bagi Mahasiswa Baru Jurusan Teknik Kelautan angkatan 2012 dalam rangka memperkenalkan berbagai Ormawa yang ada di lingkup KM ITS.
Pelatihan yang merupakan salah satu program kerja Departemen PSDM Himatekla ini menghadirkan beberapa petinggi Ormawa ITS sebagai narasumbernya. Sebut saja Ketua Himatekla, Wakil Ketua Eksternal BEM FTK, Ketua LMB, bahkan Presiden BEM ITS. Dengan kehadiran para narasumber yang luar biasa ini, tentunya diharapkan dapat memberikan pencerahan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Ormawa di lingkup KM ITS.


Materi pertama disampaikan oleh Ibnu Khanifudin selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan periode 2012/2013. Dalam materinya, beliau kembali memperkenalkan Kabinet Patriot sebagai pemegang tonggak kepengurusan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan beserta ranah kerjanya. Menurut Mubes IV, Himpunan Mahasiswa Jurusan atau HMJ, adalah badan eksekutif mahasiswa di tingkat jurusan yang bergerak di bidang keprofesian. Oleh karenanya, apabila suatu himpunan hendak mengadakan sebuah acara yang tidak berkaitan dengan keprofesiannya, maka diwajibkan bagi himpunan tersebut untuk berkoordinasi dengan pihak yang memang memiliki ranah kerja pada bidang tersebut.

Materi kedua yang berisi tentang seluk beluk Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, atau BEM-F, dibawakan oleh Wakil Ketua Eksternal BEM FTK, M.Hasan dari Jurusan Sistem Perkapalan. Beliau yang sempat dilontarkan pertanyaan mengapa memilih untuk berkontribusi di BEM FTK menjawab, “Tantangan di BEM Fakultas jauh lebih sulit ketimbang di Himpunan Mahasiswa Jurusan..”. BEM FTK yang diawali oleh out bond bersama FTK merupakan salah satu Badan Eksekutif Mahasiswa di tingkat fakultas yang bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat. Pada akhir materinya, M.Hasan sempat mengutip sebuah kalimat, “A journey of a thousand miles, must begin with a single step”.
Pada sesi selanjutnya, Presiden BEM ITS, Zaid Marhi Nugraha dari Teknik Fisika berkesempatan hadir untuk menjelaskan sedikit banyak mengenai BEM ITS yang saat ini dipimpinnya. BEM ITS yang terdiri dari 9 Kementrian dan 1 Badan Semi Otonom, bergerak pada bidang sosial politik. BEM ITS, khususnya Mahakarya KM ITS memiliki sebuah tujuan, yaitu mewujudkan kemandirian bangsa. Kemandirian bangsa dapat diwujudkan apabila telah memenuhi 3 poin penting, yaitu:
1.    Berdaulat poilitik
2.    Berkepribadian Budaya
3.    Berdikari Ekonomi
Dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh BEM ITS, telah dikonsep sedemikian rupa agar dapat mencapai tujuan tersebut. Diantara penjelasannya, Presiden BEM ITS sempat berkata, “Generasi yang baik adalah generasi yang dapat menciptakan generasi yang lebih baik”.
Sesi ke-empat merupakan sesi yang cukup istemewa. Setelah diperkenalkan dengan berbagai Badan Eksekutif di KM ITS, kali ini Mahasiswa Baru Jurusan Teknik Kelautan angkatan 2012 bertemu dengan seorang perwakilan dari DPM atau Dewan Perwakilan Mahasiswa yang merupakan Badan Legislatif di KM ITS. Pada kesempatan kali ini, DPM diwakili oleh Bayu Mustaqim dari Jurusan Sistem Perkapalan. Ormawa yang satu ini terbilang cukup unik dan menarik. Mengapa? Karena Ormawa yang memiliki tugas untuk mengawasi kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM ITS) ini beranggotakan tidak lebih dari 19 orang yang merupakan perwakilan dari berbagai jurusan. Sebagai mahasiswa yang memiliki berbagai pendapat mengenai Ormawa di ITS, DPM menjadi salah satu wadah penjaringan aspirasi mahasiswa untuk bisa diterapkan dalam keberlangsungan hidup KM ITS. Seperti yang dikatakan berkali-kali dalam sesinya, “DPM adalah sebuah organisasi mimpi..” Sayangnya, tidak semua jurusan memiliki perwakilan di DPM. Hal ini tentunya akan menyusahkan, tapi sebagai sebuah “organisasi mimpi”, untuk menjadi bagian di dalamnya, kalian diharusskan untuk mendaftarkan diri kalian sendiri, dengan keinginan sendiri dan tanpa paksaan, karena tidak seorangpun  akan bermimpi ketika mentalnya ditekan.
Tidak ketinggalan, Lembaga Minat Bakat atau LMB turut hadir pada sore hari itu. Lembaga Minat Bakat atau LMB yang diwakili oleh ketua LMB  periode ini, Lingga Nur Syamsu dari Teknik Material Metalurgi cukup memuaskan berbagai rasa penasaran peserta. Seperti yang telah diketahui, di ITS terdapat kurang lebih 35 UKM yang terbagi dalam 4 bidang yaitu, bidang seni, olahraga, beladiri dan khusus. Sebagai salah satu bagian KM ITS, LMB memiliki kewajiban untuk berkoordinasi dengan BEM ITS. Di jurusan kita sendiri, ada setidaknya 5 ketua UKM pada periode ini. UKM OR Air, UKM Maritime Challenge, UKM Karate, UKM Tennis dan UKM Pramuka. Maka, sudah sepantasnya Mahasiswa Teknik Kelautan untuk meneruskan dan meningkatkan tradisi berprestasi di berbagai UKM di ITS.
Walaupun pelatihan yang dilakukan pada akhir pekan ini hanya berlangsung selama sehari, manfaat yang diberikan amatlah besar. Jadi, semangat terus kawan-kawan 2012, kembangkan sayapmu hingga seluruh KM ITS mengenal Jurusan Teknik Kelautan yang aktif dan kontrbutif 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s