1000 Mangrove untuk Bumi Tercinta

Image

Minggu, 28 April 2013, tepat pukul 08.00 dimulainya acara tanam 1000 pohon bakau oleh warga Jurusan Teknik Kelautan ITS. Acara yang diadakan di kawasan Mangrove Wonorejo Surabaya ini diinisiasi oleh Mahasiswa Baru Teknik Kelautan 2013 sebagai bentuk nyata dari Social Development. Acara ini juga bekerjasama dengan Departemen Sosial Masyarakat (SOSMAS) HIMATEKLA.

Persiapan acara ini dilakukan selama kurang lebih tiga minggu menjelang acara. Salah satunya adalah untuk menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian. Mulai dari memilih tanaman mangrove yang baik, sampai cara menanam pohonnya diajarkan oleh Dinas Pertanian dan dibantu oleh warga sekitar.

Acara yang mengusung tema “1000 Mangrove untuk bumi tercinta” ini tujuan utamanya adalah menumbuhkembangkan jiwa kepedulian warga Jurusan Teknik Kelautan terhadap daerah pesisir pantai yang sudah selayaknya dilindungi, yang juga merupakan salah satu bidang keahlian dalam keprofesian Jurusan Teknik Kelautan. Salah satu usaha perlindungan daerah tersebut, yaitu dengan menanam 1000 pohon mangrove ini. Selain itu, juga untuk merekatkan persaudaraan warga Jurusan Teknik Kelautan.

Walaupun tampak kotor, lusuh berlumuran lumpur, dan sesekali terpeleset, warga JTK masih bersemangat untuk menanam 1000 pohon mangrove. Bapak – bapak yang ada disana juga tak kalah semangatnya untuk membantu membuatkan lubang penanaman pohon bakau.

Acara diakhiri dengan ramah tamah dan wajah tampak puas melihat hasil jerih payah adik – adik 2013 dan segenap pihak terkait yang ikut mensukseskan acara ini. “Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan, tidak berakhir hari ini saja, dan semoga segenap civitas akademika Jurusan Teknik Kelautan makin guyub.” Kesan yang disampaikan oleh Dana Tekla 2013 selaku ketua pelaksana.

Iklan

One thought on “1000 Mangrove untuk Bumi Tercinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s